Tingkatkan Keamanan Websitemu! Ayo Beli Comodo Positive SSL Sekarang!

To keep everyone safe on the web

Posted by Jefry Dewangga on June 14, 2016

The Internet has changed the way we communicate with each other, the way we learn about the world and the way we conduct business.

Ron Wyden

Hallo! Wie gehts? Wish you're all fine buddy. Yeach, so what do you think about that quotes or about the internet itself? Let me talk about a piece of internet security. Hope you enjoy it!

Semenjak ia pertama kali diperkenalkan oleh departemen pertahanan amerika dengan nama arpanet pada tahun 1960-an, internet telah berkembang pesat. So far tak kurang dari 3 milyar orang di dunia dapat mengakses internet dengan perangkat apapun yang mereka punya.

Bahkan hampir sebagian besar aspek kehidupan dapat dilakukan melalui internet, khususnya ekonomi. Mungkin di masa depan, uang hanya akan tersimpan di bank karena orang dapat dengan mudah melakukan transaksi secara daring tanpa perlu bertatap langsung dengan penjual.

Bertransaksi di Internet haruslah aman, karena melibatkan personal identity and money yang bisa jadi tidak sedikit jumlahnya. Oleh karena itu diperlukan suatu pengamanan khusus oleh penyedia layanan transaksi sebagai penanggung jawab keamanan. Salah satu metode pengamanan tersebut adalah dengan memasang SSL.

What is SSL?

SSL merupakan teknologi keamanan standar untuk mengamankan pertukaran data antara server dan klien dengan metode enkripsi. Pada umumnya data yang dikirimkan oleh server ke klien (vice versa) hanya dalam bentuk teks biasa. Bayangkan jika data yang dikirimkan itu important information milik kita, akan sangat berbahaya jika sampai jatuh ke tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan Google sendiri menyarankan agar semua webmaster memasang SSL. Melalui Google Webmasters Blog dan Google I/O 2014, Google mengumumkan bahwa SSL akan digunakan sebagai salah satu ranking factor walaupun persentasenya kecil. Mungkin kedepannya persentase tersebut akan ditingkatkan because they like to encourage all website owners to keep everyone safe on the web.

HTTPS Everywhere
(Source: Google Developers Channel)

How it work?

Actually i don't understand about this stuff well. But, let me try. Imagine two keys, a public key and a private key. Kunci publik merupakan kode untuk mengenkripsi data. Sebaliknya, kunci privat merupakan kode untuk mendekripsikan data. Secara sederhana begitulah cara kerjanya.

Untuk penjelasan secara teknisnya, silahkan simak video berikut:

What is HTTPS?
(Source: WebConcepts Channel)

Okay, now I interest with it. So, how much it cost? And how can i install it to my website?

How much it cost?

Memang faktor utama yang perlu diperhatikan adalah harga. Saya akui sendiri memang harga SSL ini cukup menguras kantong. Tapi saya menemukan website yang menjual SSL dengan harga cukup terjangkau.

Website tersebut menjual SSL dari berbagai macam Certificate Authority Provider. Sebenarnya harga SSL sebanding dengan tingkat kepercayaan dan keamanan yang disediakan. Tetapi jika hanya digunakan untuk blog pribadi, kamu dapat membeli Comodo Positive SSL dengan harga:

  • 1 Tahun: Rp. 70.000
  • 2 Tahun: Rp. 130.000 (Rp. 65.000/tahun)
  • 3 Tahun: Rp. 180.000 (Rp. 60.000/tahun)

Berikut perbandingan harga beberapa SSL yang saya ambil dari website tersebut:

Nama ProdukValidasiLama ProsesHarga VendorHarga
Certum Basic IDDomain1-2 jam€10Rp. 80.000,-
Comodo Positive SSLDomain3-5 menit$49Rp. 60.000,-
GeoTrust QuickSSL PremiumDomain10-15 menit$149Rp. 650.000,-
RapidSSLDomain5-10 menit$49Rp. 130.000,-
Thawte SSL 123Domain10-12 menit$149Rp. 400.000,-

How to install?

Untuk memasang SSL, silahkan simak video berikut:

How to Install an SSL Certificate in cPanel
(Source: DZINE9, LLC Channel)

Jika mengalami kesulitan ketika memasang SSL, just drop me a line on the comment section. I'll help you as best as I can.

Where to Buy?

To buy the SSL certificate, just hit this button:

References