Menulis dan Ilmu

For planning future

Posted by Jefry Dewangga on October 13, 2015

Saat masih dibangku smp, hampir setiap hari aku berkunjung ke ruang komputer saat jam istirahat. Di sanalah aku bertemu dengan seorang guru yang memperkenalkanku dengan blog.

Aku tertarik untuk mempelajari pemrograman web, hingga suatu saat aku bertemu dengan kakak kelas satu tingkat di atasku, dialah yang membuatku lebih termotivasi untuk berkecimpung dalam dunia blog. Blognya telah sukses membuatnya berpenghasilan.

Aku ingin juga mempunyai penghasilan dari blog, begitulah pikirku saat itu. Aku memohon kepadanya untuk mengajariku. Dia memberitahuku, "Pelajari teknik seo, dengan teknik itu kamu bisa membuat pengunjung blog mu meningkat. Jika sudah tekenal, kamu dapat memasang iklan. Maka blogmu akan berpenghasilan."

Tetapi bagiku menerapkan teknik seo untuk blog cukup melelahkan, karena harus memikirkan berbagai macam faktor seperti kata kunci, meta tag dan judul. Semua itu membuatku pusing. Aku lebih suka menulis dengan bebas.

Blogazine

Hingga sekarang aku masih mempelajari pemrograman web. Berbagai teknik blogging mulai dari tahun 2012 aku lewati, salah satunya adalah Blogazine. Blogazine merupakan teknik untuk membuat desain setiap postingan berbeda-beda layaknya sebuah majalah.

Jason Santa Maria BlogazineScreen capture beberapa hasil blogazine Jason Santa Maria.
(Source: http://www.smashingmagazine.com/the-death-of-the-blog-post/)

Pionir yang menginovasi munculnya teknik tersebut adalah seorang desainer asal New York, Jason Santa Maria. Sedangkan di Indonesia, ada beberapa orang yang menjadi tokohnya, Kang Hendro Prayitno, Kang Andre Pandet, Aryandhani, Rudy Azhar dan Deny E. Cahyo.

Namun sayang, nampaknya teknik tersebut kini tidak ada yang mengembangkan. Mungkin karena desain web sekarang adalah mobile-first, sehingga cukup sulit untuk mengimplementasikannya dengan blogazine.

Future Planning

Mungkin dari ceritaku di atas, timbul pertanyaan di benak sobat. Rencana kedepannya gimana? Apa masih terus berkecimpung mempelajari pemrograman web atau beralih ke bidang lain?

Ya, dan jawabannya akan selalu ya. Seperti yang telah aku tulis di postingan sebelumnya, aku kecanduan internet. Mungkin itulah yang menyebabkan aku begitu tertarik dengan pemrograman web.

Lantas apakah tidak ada pemikiran akan mengembangkan blog ini agar bisa menghasilkan uang? Untuk saat ini masih belum terpikirkan, aku hanya ingin menulis dan berbagi ilmu.

Menulis

Walaupun umur blog ini masih sangat muda, aku mencoba untuk mengikuti lomba blog, bukan semata-mata ingin mendapatkan hadiahnya, tetapi ingin menambah pengalaman dan melatih skill dalam menulis.

Menurutku menulis itu mempunyai kenikmatan tersendiri. Apalagi jika tulisan tersebut dapat diapresiasi oleh orang lain dan mendapatkan respon positif.

Ambil saja contoh, Pak Habibie. Setelah istrinya wafat, beliau hampir saja menjadi seperti orang gila. Suatu hari, dengan masih mengenakan pakaian tidur, beliau berjalanan kaki di sekeliling rumahnya sambil menangis seperti anak kecil.

Setelah berkonsultasi dengan psikolog, beliau di beri 4 pilihan. Pertama, dirawat di rumah sakit jiwa. Kedua, tetap di rumah tapi ada tim dokter yang ikut merawat. Ketiga, curhat kepada orang-orang terdekat. Keempat, dengan menulis. Maka Pak Habibie pun memilih pilihan yang keempat, dengan menulis.

Beliau berangsur-angsur dapat menenangkan dirinya. Buku yang beliau tulis pun menjadi best seller dan telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Bahkan buku tersebut juga diangkat ke layar lebar.

Berbagi ilmu

Selain menulis, berbagi ilmu merupakan salah satu alasanku membuat blog ini. Dengan berbagi, kita dapat berinvestasi untuk akhirat. Karena Insya Allah jika ikhlas berbagi ilmu, maka ilmu tersebut akan menjadi ilmu yang bermanfaat. Coba perhatikan gambar berikut,

Wikipedia FundrisingScreen capture salah satu halaman Wikipedia Indonesia saat diadakan penggalangan dana.
(Source: http://m.kaskus.co.id/post/5316dfdea2cb17e8568b45b1)

Wikipedia merupakan salah satu proyek dari Wikimedia yang merupakan salah satu organisasi nirlaba di dunia. Wikipedia menyediakan berbagai macam artikel secara gratis. Tidak ada iklan di situsnya, dan mungkin tidak akan pernah ada. Wikipedia secara ikhlas mengerahkan seluruh sumber dayanya untuk berbagi ilmu.

Kurang lebih seperti itulah rencanaku untuk blog ini kedepannya. Hanya menulis dan berbagi ilmu agar bisa bermanfaat bagi orang lain, tak lebih dari itu.

Supporting Tools

Brackets

Brackets

Editor kode yang biasa aku gunakan untuk mengedit dan menulis postingan. Antar muka penggunanya simpel dan mempunyai fitur kode highlighter untuk memudahkan dalam mengedit kode.
Photoshop

Photoshop

Memanipulasi gambar agar sesuai dengan yang saya harapkan. Telah dipercaya oleh banyak desainer dunia sehingga sudah pasti peformanya mumpuni untuk mengedit foto.
Simplenote

Simplenote

Semua ide yang terkadang muncul di benakku, aku catat menggunakan aplikasi ini di ponselku. Antarmukanya menggunakan desain material besutan Google. Terdapat fitur sinkronisasi sehingga bisa langsung di buka via pc.

Tulisan ini diikut sertakan dalam Blog Competition, Go For It with Blog Emak Gaoel.

Go For It Blog CompetitionBlog Competition, Go For It with Blog Emak Gaoel.

Referensi