Yakin Password Kamu Sudah Cukup Kuat? Segera Cek di Sini!

Dan amankan semua akunmu sekarang

Posted by Jefry Dewangga on December 07, 2015

How's life buddy! I wish you're all going well. Kali ini aku ingin bertanya padamu sob, seberapa kuat sih password yang kamu gunakan? Apakah sudah memenuhi kriteria password yang kuat? Oke kalau begitu cek dulu deh menggunakan form di bawah ini:

0%

Gimana hasilnya, berapa persen nih kekuatannya? Kalau warna indikatornya hijau atau persentasinya 50% ke atas bisa disebut kuat sob passwordmu. Kalau masih belum kuat coba gunakan tips di bawah ini.

Oke, pada umumnya password yang kita gunakan mengandung karakter di bawah ini:

KategoriContoh
Huruf KapitalA, B, C, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z
Huruf Kecila, b, c, d, e, f, g, h, i, j, k, l, m, n, o, p, q, r, s, t, u, v, w, x, y, z
Angka0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Simbol` ~ ! @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = { } [ ] \ | : ; " ' < > , . ? /

Untuk dapat membuat password yang kuat setidaknya memenuhi kriteria di bawah ini sob:

Delapan Karakter

Dari huruf a-z (huruf kecil) saja dapat dibuat menjadi 1.562.275 kombinasi untuk membuat password 8 karakter. Bayangkan sob jika digabungkan dengan kombinasi karakter lain pada tabel di atas, berapa banyak tuh kemungkinannya.

Mudah tapi Sulit

Buat password yang mudah kamu ingat tapi sulit ditebak orang lain sob. Misal dalam bentuk singkatan kalimat, contohnya kalimat aku sangat cinta kamu sayang, ingatlah aku selamanya dapat disingkat menjadi ascksias.

Identitas

Jangan pernah menggunakan identitasmu untuk membuat password sob, identitas tersebut bisa berupa nama, nama pribadi, nama pengguna, tempat tinggal dan tempat/tanggal lahir.

Kata Kamus

Usahakan tidak menggunakan kata yang ada di dalam kamus (Ex: meja, kursi, kepala). Kata dalam kamus dapat digunakan sebagai list untuk melakukan brute force.

Gabungkan

Gabungkan semua karakter pada tabel di atas dengan menerapkan poin-poin sebelumnya. Sebagai contoh ascksias dimodifikasi menjadi $7['.aSckSiaS;']~!. Password tersebut menghasilkan nilai 68% jika dicek menggunakan tool di atas. Cukup kuat bukan?

Bedakan

Jangan menggunakan password yang sama untuk setiap akun yang kamu miliki sob. Lah kan susah, apalagi jika password-nya menggunakan gabungan karakter seperti contoh di atas. Tenang ajah sob, ada trik untuk mengakalinya. Perhatikan contoh password di bawah ini:

  • Untuk akun Google menggunakan $7['.aSckSiaS;g']~!
  • Untuk akun Microsoft menggunakan $7['.aSckSiaS;ms']~!
  • Untuk akun Facebook menggunakan $7['.aSckSiaS;fb']~!
  • Untuk akun Twitter menggunakan $7['.aSckSiaS;twt']~!

Bagaimana sob sudah paham cirinya? Untuk setiap akun gunakan inisial/singkatan dari penyedia akun tersebut. Microsoft singkatannya ms, Google inisialnya g, Facebook singkatannya fb dan Twitter singkatannya twt. Tambahkan inisial/singkatan tersebut di posisi yang sama pada password kamu sob.

Ringkasan

Untuk membuat password kuat yang mudah diingat dan sulit ditebak gunakan semua kombinasi karakter yang ada pada tabel di atas. Bedakan password setiap akun yang kamu punya dengan menambahkan inisial/singkatan dari penyedia akun pada posisi yang sama di password kamu.

Referensi